Must Have Android Application

Posted: Mei 8, 2010 in Mobile Phone
Tag:, ,

Android – Sistem Operasi dari Google kini mulai merambah ke Indonesia. Sejak pertama kali masuk dengan HTC Magic pada 2009, saat ini sudah puluhan merek hape Android serentak menyerbu Indonesia…

Tapi sebenarnya apa sih kelebihan dari Android…???

Saya coba menjawab, tapi hanya berdasarkan pendapat pribadi dan pengalaman saya memakai hape Android belum lama ini…

Keunggulan pertama menurut saya…

– Murah

Yups… murah memang relatif. Tapi jika teman2 membandingkan hape ber-OS Android dengan hape ber-OS lainnya yang mempunyai fitur yang persis sama, maka teman2 pasti bisa mengetahui bahwa harga jual hape ber-OS Android relatif murah dibanding hape ber-OS lain. Mengapa bisa begitu ???

Hal ini tidak lepas dari langkah Google meng-gratis-kan Android OS untuk dipergunakan secara bebas oleh semua jenis dan merek vendor hape. Oleh karena itu harga jualpun bisa ditekan oleh vendor.

Keunggulan kedua sekaligus yang terpenting adalah :

– Sistem Operasi Terbuka

Sistem operasi terbuka ini membuat Google membebaskan semua orang untuk menjadi developer bagi OS ini dan tentu saja gratis. Jadi semua orang bisa menciptakan aplikasi, menjualnya di Android Market dan mendownloadnya baik secara gratis maupun berbayar di Android Market.

Hal ini menyebabkan potensi akan keanekaragaman aplikasi-aplikasi yang tersedia untuk Android akan semakin besar di masa mendatang. Sebagai catatan hingga saat ini saja aplikasi yang tersedia buat Android sudah ada sekitar 30.000 aplikasi dan sebagian besar gratiss…tiss..tiss… dan  pastinya akan semakin bertambah seiring dengan waktu.

Jadi kesimpulan yang bisa saya tarik mengenai kelebihan Android adalah ketersediaan aplikasi terutama yang gratis.

Selanjutnya, aplikasi apa aja yang harus dimiliki hape Android..???

Nah ini juga sekali lagi merupakan pendapat pribadi saya, jika ada yang ingin menambahkan silakan ditulis di kolom komentar, sekalian bisa sharing antar sesama pengguna Android, key bro…???

– Social Networking

1. Facebook for Android

Facebook adalah aplikasi sosial yang bisa dibilang paling populer saat ini di dunia terutama di Indonesia, jadi tidak ada alasan untuk tidak menginstal aplikasi ini.

Kelebihan : tampilan keren, pengoperasian dengan jari cukup mudah, ada widget yang menampilkan news feed dan update status

Kekurangan : tidak ada fasilitas chatting seperti iPhone, notifikasi tidak bisa langsung dibuka tapi kembali mengantarkan kita pada Facebook versi web (it’s suck…)

2. TweetCaster (Twitter for Android)

Seperti Facebook, Twitter adalah aplikasi sosial yang sangat banyak diminati saat ini. so, buat yang belum punya Twitter, daptar donk…

Kelebihan : widget yang bisa dikustomisasi, tampilan juga oke

Kekurangan : menulis status pada widget mesti masuk ke full aplikasi lagii, malesss banget….

– Messenger

1. GTalk

Aplikasi ini sejatinya sudah terinstal pada saat hape anda beli, sangat ideal untuk sekedar chatting antar pengguna Gtalk

2. Hi Yahoo

Kalo yang ini aplikasi chatting buat pengguna Yahoo Messenger.

Kelebihan : bisa gonta-ganti themes jadi tidak bosan

Kekurangan : banyak iklan euy…

3. E-Buddy

eBuddy adalah aplikasi chatting multi-akun, bisa YM, Gtalk, Facebook, MSN, AIM dll..

Kelebihan : tampilannya oke, multi-akun

Kekurangan : belum ketemu bro…

– Game

1. Robo Defense

Robo Defense adalah jenis permainan bergenre tower defense, dimana kita harus mempertahankan benteng dari serbuan musuh dengan menempatkan tower2 dengan berbagai macam jenis senjata yang bisa di upgrade. Game ini dijamin bakalan membuat temen2 autis seharian…

2. Red Poker – Texas Hold’em Poker

Red Poker adalah jenis permainan kartu Poker online. Di game ini kita bisa bergabung dengan pemain2 lain dari seluruh dunia untuk bermain Poker. cuman hati2 kalo keasikan main karena akan menyedot pulsa cukup banyak, hehehe….

– Kinerja

1. Advanced Task Killer

Pada dasarnya hape Android adalah hape yang sejatinya online selama 24 jam (seperti BB), maka aplikasi2 yang terinstal pada hape Android seringkali selalu mengakses internet tanpa kita perintahkan. Hal ini tentu akan sedikit menyulitkan buat pengguna yang terbatas akan penggunaan pulsa. Nah salah satu cara untuk menghentikan aplikasi yang berjalan ‘sendiri’ itu adalah dengan menjalankan program Advanced Task Killer. Aplikasi ini intinya bertujuan untuk membunuh aplikasi2 yang berjalan tanpa kita ketahui.

2. Handcent SMS

Handcent adalah aplikasi untuk meningkatkan tampilan dari aplikasi messaging bawaan. Tampilannya bisa dikustomisasi dan add-on nya juga bisa diinstal secara terpisah. Yang jelas kirim-kirim SMS bisa terasa menyenangkan dengan aplikasi ini.

3. OI File Manager

OI adalah aplikasi yang berfungsi untuk manajemen file pada hape Android kita. Kalo di analogikan pada komputer, OI adalah windows explorernya.

– Musik

1. Solo Lite

Aplikasi ini pokoknya top banget dah buat yang seneng maen gitar. Dengan aplikasi ini layar hape Android kita akan diubah menjadi 6 baris senar yang bisa dipetik dan di genjreeeng sesuai dengan chords-chords yang kita pilih sendiri. Pokoknya asik banget.

2. G Strings

Satu lagi aplikasi buat pemain gitar. Dengan aplikasi ini, hape Android kita dapat difungsikan sebagai alat untuk menyetel gitar supaya nada2 senarnya sesuai dengan yang kita harapkan.

– Just For Fun

1. Compass

Compass adalah aplikasi untuk menunjukkan arah mata angin, dan cukup akurat!!!

2. Google Sky

Seperti Google Earth cuman bedanya ini adalah aplikasi untuk melihat bintang-bintang di luar angkasa.

3. WordPress

Aplikasi wajib buat blogger WordPress seperti saya dan temen2 mungkin, hehe… dengan aplikasi ini menulis blog sambil jalan bukan masalah… TOP

4. Currency Converter

Aplikasi untuk mengkonversi nilai mata uang dari seluruh dunia secara real-time, tentu saja melalui internet.

5. Playboy

Aplikasi BB +17, cocok buat yang doyan ngintip, hehehe…

6. Unit Converter

Aplikasi converter untuk berbagai satuan fisika seperti panjang, luas, volume, berat dan lain2.

Pyuhhh…. mungkin sekian dulu temen2 ulasan sedikit aplikasinya, silakan jika ada yang pengen nambahin melalui komen akan sangat2 saya hargai.

Thanx

Iklan
Komentar
  1. Fia berkata:

    Bisa gonta gonti themes kayak nokia ngga? Trus fontnya juga bisa diganti ngga?

    • kdeq berkata:

      Salah satu kelebihan OS Android adalah pengguna dapat mengkustomisasi seluruh tampilan OS, baik langsung dari settingnya ataupun menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s